Kapan Backlink Blog Anda Bisa Menyedot Google PR?





Tentu saja sarat pertama anda sudah membaca tulisan ini: Apa Alasan Google Menilai Blog Anda Penting? Kemudian baru berlanjut pada syarat berikutnya.

Sebenarnya cara Google menilai penting tidaknya sebuah blog, yang dikenal dengan istilah Google Page Rank (PR), sangat rumit. Sangat matematis. Dan hingga saat ini google belum pernah membocorkanya secara total pada saya. Tapi secara sederhana, saya pahami begini:

Kata kuncinya adalah penting. Ingat saja bagaimana orang penting. Jika saya kenal dengan anda dan anda juga mengenal saya, maka diantara kita tidak ada yang disebut orang penting. Karena perbandingannya 1 : 1. Permainan menjadi berimbang. Tapi jika saya kenal dengan anda, sedang anda tidak kenal dengan saya, maka itu artinya anda lebih penting dari saya. Karena permainan sudah menjadi 1 : 0. Apalagi jika anda dikenal oleh sebanyak 100 orang. Sedang anda hanya mengenal 10 orang saja diantara mereka. Maka anda akan dinilai sangat penting. Perbandingannya sudah menjadi 1:10. Nilai anda setara dengan gabungan dari nilai 10 orang. Nah, banyangkan jika sejagat raya manusia mengenal diri anda, sedang anda hanya mengenal beberapa orang saja diantara umat manusia, seperti yang terjadi pada Tuhan. Maka itu artinya anda sudah menjadi Maha Penting. Jadi ibaratnya Tuhan adalah yang paling tinggi nilai Google PR-nya.

Nah, begitu juga dengan blog anda. Jika link blog anda ada pada blog saya, dan link blog saya juga ada pada blog anda, maka diantara blog kita tidak ada yang dinilai penting oleh google. Karena perbandingannya 1 : 1. Tapi lain halnya jika hanya salah satu link saja yang ada pada blog diantara kita, maka barulah google akan menilai link itu penting. Nah, kumpulan dari link-link yang berharga inilah yang dijadikan google untuk memberikan PR.

Akan tetapi itu saja belum cukup.
Misalkan anda berteman dengan Presiden. Kemudian disisi lain anda juga berteman dengan saya. Maka yang lebih tinggi nilainya adalah hubungan pertemanan anda dengan Presiden, dibanding hubungan ada dengan saya. Artinya, nilai link blog anda yang tersebar pada setiap blog atau situs lain nilainya tidak sama. Misalnya ada 100 link blog anda tersebar pada blog-blog yang baru berumur 1 bulan. Maka nilainya belum apa-apa dibanding dengan adanya 1 link blog anda yang berada pada blog yang sudah mendapat PR 6.

Okey, itu juga belum akhir penilaian.
Misalkan Presiden itu memang orang penting. Tiba-tiba Presiden ditemani oleh sebanyak 100 orang pergi shoping. Maka meskipun Presiden itu orang penting, tapi ke-100 orang yang menemaninya tidak ada yang lebih penting. Tapi lain haln jika anda sendiri selalu dipanggil Presiden kemanapun dia pergi, apalagi untuk menjadi penasehat pribadinya, maka anda menjadi sangat penting. Karena hanya ada anda sendiri yang menduduki posisi itu dihadapan orang yang no.1 di sebuah Negara.

Nah, begitu juga hlanya dengan link-link yang terdapat pada sebuah situs atau blog. Benar bahwa link blog yang terdapat pada blog ber-PR 6 itu berharga. Tapi jika ada 100 link di blog tersebut, termasuk link blog anda, maka semua link yang ada disitu akan dinilai kurang berharga oleh Google. Lain halnya jika di blog yang PR-nya tinggi tapi hanya ada beberapa link saja di blog tersebut, maka barulah link itu dinilai sangat berharga di mata Google.

Itulah sebanya kadang ada blogger yang sudah bersusah payah mengumpulkan backlink kemana-mana, bahkan juga sudah lama, tapi blognya belum juga mendapat nilai (PR) dari Google. Tapi sebaliknya ada blog yang belum begitu lama dibangun, dan juga tidak begitu banyak dapat backlink, tau tau sudah diberi nilai PR oleh Google. Karena disadarinya atau tidak, Google menilai baclink yang diperolehnya sangat berkualitas.

Jadi secara gamblang lebih kurang begitulah cara Google menilai kualitas backlink blog anda yang tersebar di blog lain. Ada akumulasi penilaian dari berbagai sisi.

No comments:

Post a Comment