Cara Blog agar dikunjungi banyak orang


Pernahkah Anda membayangkan blog anda selalu dikunjungi ratusan atau bahkan ribuan orang tiap harinya? dan Anda ingin blog anda selalu ramai dan sesak oleh para pembaca atau pengunjung? Atau anda ingin blog anda menjadi blogger paling populer yang dibicarakan banyak orang-orang?
Kuncinya: sediakan informasi yang mereka cari atau yang dibutuhkan!
Sebab itu juga, saya katakan bisnis produk informasi tidak akan pernah ada matinya. Informasi selalu diburu oleh siapapun yang membutuhkannya. Sejak dulu dan sampai kapanpun orang butuh mengkonsumsi informasi. Bahkan, ketika mulai sekolah dari SD pun pada hakikatnya yang kita pelajari adalah kumpulan informasi yang kemudian kita sebut ilmu. 
Nah, kembali ke jenis tulisan dalam blog. Blog sendiri sebagai sarana soft selling dan pengungkit (leverage) bisnis anda membutuhkan konten sebagai isinya. Sebagian besar konten di internet berbentuk teks/tulisan.
Pertanyaannya, apa sajakah jenis tulisan yang membuat orang-orang selalu berlari menuju blog anda setiap mengakses internet?
Ini jawabannya.
1.     Tulisan How-To. Tulisan yang menerangkan bagaimana anda melakukan sesuatu (how-to) merupakan salah satu jenis tulisan paling dicari di internet. Banyak orang suka karena tulisan jenis ini langsung menawarkan solusi dari masalah yang sedang dihadapinya.
Contohnya seperti posting 5 Tips Membuat Account Yahoo Mail Lebih Aman. Contoh-contoh lainnya bisa anda lihat di arsip blog ini. Saya cukup sering menuliskan tulisan jenis ini.
2.     Tulisan Berita Terbaru. Berita hangat yang baru saja/sedang terjadi termasuk yang paling dicari internet. Orang mencarinya karena ingin tahu bagaimana perkembangan terbaru dari berita yang diminatinya.
Contoh seperti tulisan Google yang Dikeroyok. Memang kebanyakan jenis tulisan ini didominasi oleh portal-portal berita. Namun bagi anda yang punya blog dengan niche-niche tertentu tidak perlu khawatir. Selalu ikuti perkembangan terbaru dalam niche anda dan anda bisa tuliskan berita terbaru dalam sudut pandang anda sendiri.
3.     Tulisan Motivasi. Agar terus bersemangat, orang kadang butuh suntikan dari luar. Nah, di sini tulisan-tulisan berjenis motivasi memenuhi kebutuhan tersebut. Tak heran juga kalau sekarang blog-blog motivasi terus bermunculan karena dibutuhkan banyak orang.
4.     Tulisan Berbentuk Daftar (list). Tulisan berbentuk list (daftar) mudah dicerna. Sehingga banyak yang menyukainya. Seperti contohnya tulisan ini atau contoh lain tentang 30 pengusaha online muda sukses di blog Mas Maghfur Amin.
5.     Tulisan tentang Kontes. Anda sudah pernah mengadakan kontes? Jika belum anda bisa adakan dan umumkan lewat tulisan di blog anda. tidak harus berhadiah besar seperti kontes SEO Stop Dreaming Start Action tahun lalu, tapi bisa disesuaikan dengan kondisi anda.
Diadakannya kontes menarik dan menambah interaktif blog anda. Sebab peserta kontes akan saling terpacu untuk menunjukkan yang terbaik.
6.     Tulisan tentang Review Produk. Informasi tentang produk dibutuhkan banyak orang. Oleh karenanya anda bisa tuliskan . Tidak harus produk informasi, namun bisa juga produk fisik yang baru anda beli. Tulisan anda ini akan membantu orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.
Bagaimana cara menulis review? Anda bisa baca 10 Tips Menulis Review Produk.
7.     Tulisan Penjelasan suatu Istilah. Banyak orang yang belum mengerti arti sebuah istilah. Nah, tulisan jenis ini akan menjelaskan suatu istilah agar orang yang sebelumnya tidak paham menjadi mengerti yang dimaksudkannya.
Tulisan seperti apa itu affiliate program?, apa itu SEO?; apa itu search engine? dan sejenisnya  merupakan tulisan jenis ini.
Nah, itulah jenis-jenis tulisan yang selalu dicari orang-orang. Anda bisa praktekkan di blog anda.
sumber
 jokosusilo .com 

2 comments: