Manfaat Kunyit Putih Memang Dahsyat



Manfaat Kunyit Putih Memang Dahsyat – Apa manfaat kunyit putih untuk kesehatan, manfaat kunyit putih untuk kecantikan ? Apa saja kandungan yang terdapat dalam kunyit putih ? Kunyit putih orang jawa menyebutnya kunir putih, temu poh, temu bayangan, orang madura menyebut tepu pao, orang sunda menyebutnya koneng joho, koneng pare, koneng lalap sementara dalam bahasa melayu disebut temu putih atau temu mangga. Kunyit putih merupakan jenis tumbuhan tanaman yang hidup disemak-semak, bagian ripang kunyit putih yang biasa dipergunakan sebagai bumbu masak, pewarna alami dan bahkan pengobatan dengan khasiat dan manfaat yang sudah terbukti kedahsyatanya dalam melawan berbagai jenis penyakit.

Klasifikasi Kunyit Putih
Nama latin kunyit putih adalah Curcuma alba, mempunyai klasifikasi dari jenis Kaemferia rotundus, Bangsa Zingiberales, Suku Zingiberaceae, dan Marga Kaemferia.
Ciri-ciri fisik yang terdapat dalam kunyit putih mempunyai bintik umbi yang serupa dengan tanaman jahe berwarna krem agak kuning muda. Bau khas kunyit putih segar hampir mirip dengan aroma mangga kweni, jadi inilah yang membedakan dengan tanaman serupa dari marga sejenis kaemferia.

Apa kandungan yang terdapat dalam kunyit putih ?
Kandungan kunyit putih sangat beragam makanya tidak heran jika kunyit putih mampu berfungsi sebagi penyembuh dalam pengobatan berbagai penyakit. Diantara zat-zat yang dimiliki kunir putih bermanfaat untuk kencantikan dan penyembuh sakit maag.
Nah berikut zat-zat yang terdapat dalam kunyit putih, antara lain :
1. Amilum
2. Tianin
3. Kurkumin
4. Minyak Atsiri
5. Gula
6. Saponin
7. Protein toksis
8. Damar
9. Flavonoid
Apa manfaat dan khasiat kunyit putih ?
Setelah kita mengetahui kandungan zat-zat yang terdapat didalamnya otomatis kita juga akan tahu manfaat kunyit putih dalah hal pengobatan dan penyembuhan penyakit tidak cukup hanya itu bahkan bisa bermanfaat untuk kecantikan wanita. Bicara tentang khasiat kunyit putih memang tidak perlu diragukan lagi, kunyit putih sejak ratusan tahun silam sudah dipergunakan sebagai tanaman obat dalam penyembuhan bergagai penyakit oleh nenek moyang kita, walaupun waktu itu belum adanya semacam penelitian secara ilmiah seperti sekarang namun orang-orang tedahulu sudah membuktikan secara turun temurun tentang dahsyatnya kegunaan kunyit putih ini.

Lantas apa saja manfaat kunyit putih untuk kesehatan ?
Fungsi kunyit putih memang luar biasa dari hasil penelitian menunjukkan kunyit putih bersifat antineoplastik atau merusak pembentukan ribosom pada sel kanker atau menghambat pertumbuhan sel kanker. Bagian yang dimanfaakan dalam prodses pengobatan adalah rimpang dan daunya. Sementara zat anti oksidan pada kunyit putih berfungsi mencegah kerusakan Asam Deoksiribo Nukleat yang merupakan salah satu senyawa yang menyusun Gen, serta dapat menahan zat radikal bebas penyebab tumbuhnya sel kanker serta dapat meningkatkan sel darah merah.
Kunyit putih atau kunir putih juga berkhasiat sebagai :
- Antipiretik (penurun panas)
- Antitoksik (menangkal racun)
- Laksatif (pencahar)
Mengobati Sakit perut dan nyeri lambung (sakit maag)
- Mengecilkan rahim sesudah persalinan
- Menyempitkan organ kewanitaan
- Mengurangi penumpukan lemak di perut
- Menambah nafsu makan dewasa dan anak-anak
- Menguatkan syahwat
- Gatal-gatal (pruiritis)
- Mengobati luka
Mengobati sesak napas (asma) 
- Radang saluran napas (bronkitis)
- Mengobati demam
- Mengobati perut kembung dan masuk angin
- Menghentikan pendarahan
- Mengobati bengkak kerana memar
- Mengobati bisul yang sulit pecah
Manfaat lain kunyit putih yang diambil dari induk rompangnya dapat digunakan sebagi bedak untuk kecantikan setelah melalui proses pengeringan. Di era yang serba modern seperti sekarang anda tidak perlu lagi susah-susah membuat ramuan sendiri sebab obat tradisional dari bahan dasar kunyit putih sudah tersedia berbagai jenis kemasan yang secara instan bisa dikonsumsi setiap saat, juga tersedia kapsul kunyit putih yang memudahkan anda dalam meminumnya. Bagaiman dengn anda ingin mencoba khasiat dan manfaat kunir putih ini ?

No comments:

Post a Comment