membuat sebuah blog di wordpress.com


WordPress.com merupakan layanan blog gratis terpopuler setelah Blogger.com. Banyak blogger-blogger memulai ngeblog menggunakan layanan gratis ini. WordPress.com sama saja seperti wordpress.org, baik itu isi cms nya dan dashboardnya. karena memang di buat dalam satu cms yang sama. Kalau di wordpress.com di gunakan untuk memberikanlayanan blog gratis, maka di wordpress.org di gunakan untuk membuat website pribadiyang di install sendiri di hosting. Jika anda tertarik untuk membuat wordpress yang di install sendiri, anda bisa baca artikel saya tentang cara install wordpress dan cara megelolanya:
Oke, sebelum anda memulai membuat sebuah blog di wordpress.com, anda harus membutuhkan sebuah email dulu. Yang paling bagus adalah email dari Google. Namun tidak harus google. Jika anda punya email lain yang sudah ada misalnya yahoo, bisa anda gunakan. 
Kalau sudah, silakan ikuti langkah-langkah/cara berikut untuk membuat blog di wordpress.com:
  • Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.wordpress.com. Tunggu hingga muncul tampilan awal WordPress.com.
  • Klik Get Started Here
     wordpress 2 tutorial blogging inside box blogging
  • Isi formulir yang telah tersedia:
    Blog Address: Untuk alamat Blog anda
    Username: Untuk Username Login
    Password: Password anda, dan confirm password di bawahnya
    Email Address: Masukkan Email anda untuk konfirmasi akun wordpress 2 tutorial blogging inside box blogging kemudian klik Tombol Create Blog.
  • Selanjutnya Anda diminta untuk melakukan aktivasi blog dengan cara mengeklik link yang dikirimkan ke email Anda.
     wordpress 2 tutorial blogging inside box blogging
  • Klik link yang ada di pesan email Anda.
     wordpress 2 tutorial blogging inside box blogging
  • Setelah Anda klik link tersebut maka Anda akan langsung menuju halaman dashboard. Ini artinya akun Anda telah aktif dan blog Anda telah jadi.
     wordpress 2 tutorial blogging inside box blogging
  • Dan Selesai.
Nah, untuk mengelola blog, seperti membuat posting, membuat kategori, atau membuat halaman dan lainnya, sama saja seperti wordpress yang di install sendiri. Anda bisa baca di artikel cara mengelola wordpress. Silakan lihat link di atas tadi.

No comments:

Post a Comment