Mendapatkan Trafik blog dari Forum Online


Forum online sudah ada sejak internet pertama kali dibangun dan banyak para blogger yang menjadikan forum sebagai media untuk menjaring trafik bagi blog mereka. Walaupun tidak sebaik dan sebagus web 2.0 seperti twitter dan facebook, forum tetap menjadi media yang menggiurkan untuk mendatangkan trafik  untuk blog Anda. Tips di bawah ini merupakan hal yang harus Anda ingat untuk mendatangkan trafik dari sebuah forum.


Pilih forum yang tepat.
Memilih forum yang tepat merupakan salah satu hal yang sangat penting. Saya berharap Anda sudah bergabung dengan satu ataupun dua forum yang sesuai dengan niche dan konten blog Anda. Jika Anda belum bergabung sama sekali dengan forum online, Anda bisa mencari forum-forum yang sesuai dengan niche Anda dengan mengetikkan "niche Anda forum", contohnya "SEO online forum" di mesin pencari Google.
Jika Anda bergabung dengan lebih dari satu forum, hendaknya Anda memusatkan konsentrasi pada satu forum dahulu untuk aktif dalam forum tersebut sehingga Anda menjadi salah satu member terbaik. Dengan begitu, Anda akan terkenal dalam forum tersebut. Dan jika Anda telah terkenal dalam sebuah forum, Anda bisa beranjak ke forum selanjutnya.
Pilih username yang baik.
Username Anda merupakan brand dalam forum tersebut karena username merupakan hal yang pertama kali dilihat dalam profil seorang member di sebuah forum. Sehingga Anda perlu untuk melakukan pemilihan kata yang sesuai untuk username Anda. Sebaiknya sesuaikan username Anda dengan niche blog Anda sehingga terlihat lebih profesional. Contohnya adalah "kangmusa.pakarseo".

Letakkan alamat blog Anda di signature
Signature merupakan teks, link atau gambar yang akan muncul di bagian bawah setiap post Anda. Meletakkan alamat blog Anda di bagian signature merupakan tulang punggung agar Anda mendapatkan limpahan trafik dari forum tersebut. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung forum yang membaca posting Anda pasti akan melihat alamat blog Anda juga di akhir post. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat posting yang menarik dan sesuai sehingga trafik bisa langsung diarahkan untuk mengunjungi blog Anda.

Bangun profil Anda dengan baik.
Profil merupakan bagian yang akan dilihat pengunjung jika menekan username Anda. Dan biasanya sebuah profil akan menampilkan avatar Anda, biografi singkat, dan sebuah link ke blog Anda. Pada umumnya avatar digunakan untuk menampilkan potongan foto diri Anda. Anda bisa meletakkan foto wajah Anda di avatar tersebut. Namun jika Anda lebih suka menjadi pribadi yang anonim di sebuah forum, sebaiknya avatar Anda diisi dengan gambar yang mewakili niche blog Anda.
Sedangkan biografi singkat berisi cerita mengenai diri Anda secara keseluruhan. Buat bagian ini terlihat profesional, tidak membosankan dan multidimensi. Anda bisa menceritakan pengalaman Anda di bidang keahlian Anda. Pada intinya buatlah setiap orang yang melihat profil Anda ingin untuk berinteraksi lebih lanjut dengan Anda.

Jangan melakukan tindakan spamming
Ketika Anda berinteraksi dengan orang lain di forum online, berinteraksilah dengan baik. Jangan langsung memberikan kartu bisnis Anda kepada orang lain yang baru Anda ajak berjabat tangan dan berkenalan. Berinteraksilah dengan orang lain sewajarnya. Jangan melakukan tindakan-tindakan spamming di forum. Ingat tujuan Anda bergabung dengan forum bukan semata-mata untuk mempromosikan blog Anda, tapi berbagi ilmu dan berinteraksi dengan orang lain di forum tersebut.

Sediakan konten yang berkualitas
Anda pasti tahu bahwa nyawa sebuah blog adalah konten. Dan kontenlah yang akan membawa trafik ke blog Anda dengan sendirinya. Hal ini juga berlaku di forum online. Sebagai contoh, balaslah sebuah pertanyaan dari orang lain dengan sebuah jawaban yang jelas, runtut dan bermanfaat. Jangan hanya membalas dengan kata "ya" atau "tidak".
Salah satu taktik lain adalah meletakkan posting blog Anda di forum. Tentu posting yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat. Dan di akhir posting, Anda bisa meletakkan kalimat seperti ini, "jika Anda rasa posting ini informatif dan bermanfaat, Anda bisa mengunjungi blogAnda.com untuk mendapatkan posting lainnya."

Buat thread baru
Jika seseorang membuka sebuah thread, maka orang tersebut akan melihat posting pertama. Posting pertama akan lebih banyak dibaca dibandingkan posting kedua, ketiga dan seterusnya. Maka dari itu, menjadi thread starter yang memberikan posting pertama sangatlah penting. Anda bisa memulai sebuah thread dengan pertanyaan karena akan membuat orang lain penasaran. Atau jika Anda tidak mempunyai pertanyaan, Anda juga bisa meminta opini orang lain mengenai suatu hal. Contohnya adalah "apa yang akan Anda lakukan jika Anda mempunyai penghasilan $500 per hari?" Hal itu akan membuat orang lain tertarik dan berpartisipasi di thread yang Anda buat.

Lakukan posting sesering mungkin
Hal ini juga penting untuk mendukung aktivitas Anda mempromosikan blog Anda di forum online. Semakin sering Anda melakukan posting, maka semakin sering Anda dilihat oleh orang lain. Semakin sering Anda dilihat, maka semakin sering alamat blog Anda ditampilkan. Dan semakin sering blog Anda ditampilkan, maka semakin banyak pengunjung yang datang ke blog Anda.

Itulah 8 Tips untuk Mendapatkan Trafik dari Forum Online. Lakukan yang terbaik di forum online yang sesuai dengan blog Anda, praktekkan 8 tips ini dan pastikan blog Anda kebanjiran trafik.



sumber o-om.com

No comments:

Post a Comment