Cara Menjaga Kesehatan



Cara Menjaga Kesehatan Tubuh – Bagaimana cara menjaga kesehatan yang benar ? Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ? Banyak orang kerap terjebak dalam pemikiran, untuk mendaptkan kualitas hidup yang baik tentu memerlukan biaya hidup yang tinggi. Padahal pemikiran itu bisa jadi kurang tepat. Sebab, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, bisa diperoleh dengan cara yang murah dan tidak harus mahal bahkan bisa jadi gratis, jika kita ada kemauan.

Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ?

Untuk menjaga kesehatan sebenarnya mudah walaupun terkadang agak sulit diterapkan dalam kehidupan. Kuncinya adalah berusaha dan juga belajar. Berikut sedikit tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita :

1. Selalu berpikir positif.
Tidak bisa dipungkiri, selalu berpikir positif akan membawa dampak positif dalam kehidupan juga kesehatan seseorang. Dalam hal ini tentu ada relevansinya dengan masalah sabar. Orang yang selalu sabar akan selalu kelihatan awet muda. Sebab orang sabar selalu mengedepankan pemikiran rasional positif. Selalu berpikir positif diiringi kesabaran sangat berpengaruh pada imunitas tubuh. Dengan demikian zat imunitas dalam tubuh terus meningkat sejalan dengan sikap hidup yang optimistis. Pola pikir positif akan meningkatkan sebuah energi serta membawa hal-hal yang baik dalam pola kehidupan yang lebih baik. Demikian juga sebaliknya jika selalu berfikiran afirmasi negatif maka lebih cenderung melelahkan dan berpotensi menimbulkan sebuah kegagalan pada seseorang. Berfikir negatif yang menimbulkan rasa dengki, iri, cemburu, dendam, buruk sangka, justru akan menggerogoti jiwa seseorang. Pikiran negatif akan selalu menimbun sampah dalam otak sehingga menimbulkan stres, sehingga berpotensi mendatangkan penyakit baru.

2. Menghindari gaya hidup tak sehat.
Menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan. Kebiasaan ini berpotensi merusak diri pribadi bahkan sosial kemasyarakatan.
Hindari minuman beralkohol, merokok, sering bergadang, kurang istirahat dan tak pernah melakukan olah raga. Kebiasaan buruk diatas bisa meningkatkan resiko efek radikal bebaas dan membesar resiko munculnya penyakit degeneratif yang sering terjadi pada masyarakat kita sekarang seperti stroke, jantung, hipertensi, dan diabetes.

3. Jaga asupan pola makan seimbang.
Guna mempertahankan stamina dan kekebalan tubuh, dibutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Artinya, dalam makanan sehari-hari yang kita konsumsi hendaknya dilengkapi zat gizi dan asupan kalori yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dari aktivitas sehari-hari.
Selain kalori yang diasup tidak berlebihan, juga makanan sehari-hari sebaiknya mengandung at gizi sempurna, mulai dari protein, lemak,vitamin, mineral dan karbohidrat. Nah agar kualitas kesehatan selalu tetap terjaga hendaknya menerapkan prinsip 4 sehat 5 sempurna dalam menu makanan kita sehari-hari.

4. Lakukan olah raga secara teratur.
Olah raga yang teratur merupakan prinsip dasar dalam menjaga kesehatan sepenuhnya. Melalukan olah raga yang tepat kan mampu menjagi vitalitas tubuh serta mampu menjaga sirkulasi darah tetap lancar, sehingga metablisme tubuh bisa berjalan maksimal. Untuk itu sebaiknya persiapkan jadwal olah raga disela-sela rutinitas hidup anda, minimal dengan melakukan olah raga sederhana seperti jalan sehat, minimal seminggu 2 kali selama 30 menit secara teratur. Walaupun sederhana cukup memberikan kontribusi dalam upaya menjaga kesehatan tubuh kita.

5. Selalu rajin beribadah.
Beribadah merupakan kebutuhan bagi manusia. Sebuah kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan rohani kita. Jika menganggap ibadah hanya salah satu kewajiban belaka maka tidak akan bisa menikmati manfaat dari sebuah hakekat spiritual ibadah itu sendiri. Sebagai seorang muslim sudah barang tentu dituntut untuk mejalankan ibadah yang benar sesuai tuntunan. Sholat misalnya jika kita mengerjakan sholat dengan benar sudah pasti mendapatkan sebuah kedamaian rohani dan mendapatkan keuntungan kesehatan dari gerakan sholat yang benar tersebut. Keuntungan ganda yang didapat adalah bukan saja jasmani kita yang sehat akan tetapi rohani kitapun akan ikut sehat.

No comments:

Post a Comment