Pemahaman Dasar Blog


Di era serba digital saat ini, mencari informasi sangat mudah sekali. Orang-orang hanya membuka internet dan search melalui google. Hanya melalui beberapa kata kunci saja, semua informasi sudah di sajikan dalam internet. Namun tidak semua orang mampu memanfaatkan internet dengan baik. Mereka masih fokus dalam dunia offline saja tanpa melihat potensi internet. Lantas apa media terbaik untuk mengoptimalkan potensi internet? Salah satu caranya adalah dengan mediaBLOG.
Blog merupakan sebuah website atau bisa di sebut weblog yang mana mampu memanage konten secara dinamis. Dengan membuat blog, kita mampu mengoptimalkan penggunaan internet. Kita bisa berbagi informasi secara gratis dan juga berbisnis melalui media Blog ini. Inilah yang harus kita optimalkan sekarang. Jangan hanya menjadi pencari informasi saja di internet tanpa ikut andil di dalamnya. Di indonesia sendiri pengguna internet selalu bertambah tiap tahunnya. Dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Tak khayal website adalah media yang tepat untuk berbagi informasi.
Untuk membuat blog ada 2 cara, yang pertama adalah dengan menginstall sendiri blog engine di server. Tentu ini anda harus mengeluarkan uang yang cukup. Blog engine ini seperti wordpress, joomla, drupal, dan berbagai jenis CMS lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.
Kemudian cara yang kedua adalah membuatnya dengan gratis di beberapa layanan blog gratis. Seperti Blogger.comWordPress.comBlogDetik.com, dan berbagai macam layanan gratis blog lainnya.

Sejarah Blog

Blog awalnya di buat sebagai diary online. Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, atau apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online menggunakan media website. Umumnya kala itu blog berisi kumpulan link yang menuju ke website lain beserta komentar-komentarnya tentang halaman link yang di tuju tersebut. Sehingga ini menjadi semacam website katalog untuk link-link yang di pilih berdasar opini publik.
Kemudian pada tahun 1997 Istilah “Weblog” Muncul. Istilah ini di ciptakan oleh Jorn Barger seorang programmer yang juga mengelola diary online. Kata weblog itu sendiri diambil dari kata “Logging The Web”. Kemudian pada tahun 1999 oleh Peter Merholz Weblog di singkat namanya menjadi “Blog”. Dan muncullah istilah lagi yaitu “Blogger”, sebutan untuk orang yang mengelola blog.
Dari titik ini kemudian berkembanglah blog-blog. Setiap hari ada saja yang membuat blog. Hingga perkembangan dan kepopuleran blog semakin bertambah ketika PyraLab membuat Blogger.com, yang kemudian di akusisi oleh Google.com. Dan sejak saat itu blog semakin menjamur hingga saat ini. Blog yang dulunya hanya berupa kumpulan link-link berubah menjadi media untuk berekspresi ria. Dan banyak lah kemudian bermunculan layanan-layanan penyedia blog seperti Blogger.com. Yaitu WordPress.com, dan yang dari indonesia Blogdetik.com.

Kegunaan Blog

Seperti yang saya paparkan sebelumnya, bahwa blog dulu digunakan untuk menulis diary secara online dan tempat untuk mengumpulkan link-link menuju website lain berdasar opini publik. Namun sekarang berubah menjadi tempat untuk berekspresi ria.
Kegunaan blog sekarang ini bisa di bilang banyak. Apalagi banyaknya kemunculan blog engine atau CMS (Content Management Script) seperti wordpress, joomla, drupal, dan lain sebagainya yang memudahkan kita untuk memanage content.
Blog sekarang tidak hanya di gunakan untuk menulis artikel saja, tapi juga bisa di guanakan sebagai media berbisnis, jual produk, membuat website berita, forum, portal, bahkan sosial media. Itu semua tidak terlepas dari fitur-fitur yang di berikan oleh CMS tersebut.
Jadi bisa di bilang blog bisa di gunakan untuk:
  1. Membuat web bisnis. Misalnya menyediakan suatu jasa atau artikel-artikel yang berkaitan dengan bisnis anda dengan menyertakan bisnis anda tentunya.
  2. Berjualan produk dengan menggunakan toko online. Kemudahan CMS yang fleksibel memudahkan kita untuk membuat katalog produk.
  3. Membuat web berita. Blog juga bisa di gunakan untuk membuat website berita dengan bantuan plugin atau dengan themenya (tampilan website) tersebut.
  4. Membuat web membership. Misal anda ingin membuat website yang menjual suatu produk (Biasanya produk informasi/produk digital) yang menghruskan orang itu mendaftar dulu dan menjadi anggota, maka blog bisa digunakan untuk membuatnya.
  5. Membuat Web Portal.
  6. Membuat Forum.
  7. Membuat website gallery.
  8. dan masih banyak lagi

Struktur Blog

Pada blog terdapat 4 bagian penting. Bagian-bagian ini penting adanya, agar blog bisa tampil cantik dan juga powerfull.
  1. Header
    Header ini berisi tentang Judul Blog dan juga Deskripsinya. Kemudian didalamnya di tambahkan juga menu navigasi agar memudahkan menuju halaman lain blog.
  2. Sidebar
    Sidebar posisinya bisa di sisi kanan ataupun di sisi kiri. Bisa juga di kedua-duanya. Fungsinya untuk meletakkan list Kategori artikel, Arsip, Kalender, gambar, menu, dan lain sebagainya yang bisa kita tambahkan sendiri menggunakan fasilitas “Widget”.
  3. Content
    Isinya adalah kontent blog. Mulai dari judul artikel, isi artikel, tanggal publish, nama penulis, kategori artikelnya, jumlah komentar artikel dan juga form untuk menulis komentar. Dan bagian ini sangat penting dalam blog.
  4. Footer
    Isinya berupa credit, seperti Copyright blog tersebut, Nama blog, Nama pembuat theme yang di guanakan di blog. Sekarang footer juga di sisipkan sidebar / footer sidebar dengan 3 kolom atau lebih. Sehingga kita bisa menambah beberapa widget di dalam blog.

Persiapan Sebelum memulai Blogging

Ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum Ngeblog. Pertama anda harus punya tujuan. Tanpa tujuan anda hanya akan jalan di tempat atau bahkan blog anda mati. Setelah tujuan di tetapkan, langkah yang kedua adalah memilih topik blog. Kemudian yang ke tiga, buat blog anda.
1. Tujuan Ngeblog
Ini adalah langkah pertama yang harus anda pikirkan. Apa tjuan saya dalam blogging? Apa yang ingin di capai dalam blogging? Apa bila anda tidak bisa menjawab pertanyaan ini, akan sia-sia saja blog anda. Walupun hanya coba-coba, ujung-ujungnya blog anda akan mati.
Jadi tetapkan tujuan anda untuk ngeblog dulu. Seperti yang saya paparkan sebelumnya bahwa blog saat ini tidak lagi sekedar menulis diary secara online, tetapi sudah menjadi media penyebar informasi yang efektif. Seperti bisnis, komunitas, berjualan, jasa, dan lain sebagainya. Anda bisa tetapkan tujuan blog, apakah untuk bisnis, membangun komunitas, dan lain-lain.
2. Memilih Topik
Memilih topik ini kadang untuk yang baru mulai rada-rada sulit, karena di pengaruhi beberapa faktor. Di antaranya apabila memilih topik sfesifik, topik yang di pilih tidak di kuasai dengan baik, atau topik tersebut tidak disukai, atau bahkan tidak ada peminatnya.
Padahal topik yang sfesifik itu lebih menggaet pembaca-pembaca yang setia. Berbeda dengan topik blog yang bermacam-macam, pembaca tidak terlalu loyal, karena terlalu banyak informasi. Tetapi kelebihan topik yang banyak dalam satu blog itu mampu menjaring lebih banyak pengunjung ketimbang topik yang spesifik.
Tipsnya untuk yang baru mulai, anda bisa memilih topik blog sesuai dengan hobi anda, atau minat anda. Ini di maksudkan agar anda tidak bosan menulis hal-hal yang anda sukai. Misalnya photography, web design, bisnis, dan lain-lain. Kalau memang anda tidak bisa ke topik yang sfesifik, anda bisa mulai dengan blog yang bertema banyak seperti situs berita.
3. Buat Blog Anda
Blog bisa di buat secara gratis ataupun berbayar. Yang berbayar, anda harus membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Hosting itu seperti hardisk komputer kita untuk menyimpan file. Bedanya kalau hosting itu tempat menyimpan file website kita secara online. Jadi, sama seperti hardisk di guanakan untuk menyimpan file. Kemudian Domain itu adalah alamat website anda. Misal www.namawebsiteanda.com. Untuk membuat yang berbayar ini, paling tidak anda butuh Biaya Minimal Rp. 200.000,-. Saya tidak akan membahas yang berbayar pada buku ini.
Kemudian Yang gratis, kita menggunakan penyedia blog gratis. Ada banyak sebenarnya penyedia blog gratis ini, tapi biasanya kebanyaka orang mengguakan blogger.com atau wordpress.com.

No comments:

Post a Comment