Alasan Google Memberi PR




Banyak blogger bersikap konyol bahwa Google PR adalah hadiah yang diberikannya secara semena-mena atau suka-suka pada sebuah blog. Tapi pendapat saya berbeda. Karena saya memahami Google bukan dukun beranak atau tukang sihir. Tapi adalah sebuah situs nomor satu yang paling otoritas dalam menilai penting tidaknya sebuah web/blog hingga saat ini di percaturan dunia maya. Artinya Google punya cara atau hitungan matematis dalam memberikan nilai pada sebuah blog, yang disebut dengan istilah algoritma google.

Sejauh ini, inilah yang saya pahami kenapa Google memberikan nilai PR pada sebuah blog:

Prinsip dasar dari Google Page Rank (PR) adalah penghargaan google terhadap sebuah blog karena blog tersebut penting. Penting disini berarti bahwa blog tersebut banyak dirujuk oleh situs atau blog lain. Ini mirip dengan banyaknya brosur, poster atau spanduk sebuah perusahaan yang bertebar dimana-mana. Sehingga perusahaan tersebut akan dinilai oleh yang melihatnya sebagai Perusahan penting dan terkenal.

Nah, demikian juga halnya dengan sebuah blog. Google akan menilai banyaknya suatu blog yang dirujuk oleh blog lain adalah salah satu ukuran bahwa blog itu penting. Misalnya link blog anda tersebar dimana-mana, di banyak blog lain. Maka robot google akan menilai blog anda penting.

Akan tetapi tidak semua link blog anda yang tersebar itu dianggap bernilai oleh Google. Sebagai contoh sederhana, jika spanduk usaha anda dipajang di sebuah warung kecil, maka nilai perusahaan anda tidak akan dianggap tinggi. Tapi ketika spanduk usaha anda dipajang di jalan utama kota metropolitan atau di sebuah perusahan bonafid, maka otomatis usaha anda akan ikut dianggap sebagai usaha yang bonafit oleh orang yang melihatnya.

Artinya meskipun link blog anda sudah banyak tersebar dimana-mana, tapi nilai setiap link itu berbeda dimata Google. Ada link yang bernilai tinggi dan ada link yang bernilai rendah. Bahkan banyak diantara link itu kadang tidak dinilai sama sekali oleh Google.

Persoalannya kemudian adalah kapan sebuah link itu bernilai dimata Google, sehingga blog anda juga ikut dianggapnya bernilai? Baca rahasianya DISINI.

No comments:

Post a Comment