istilah-istilah dalamTwitter


Banyak yang masih binggung dan bertanya kepada saya soal istilah-istilah dalamTwitter. Untuk itu, kali ini sherlomes.com akan memberikan penjelasan mengenai tips Twitter beberapa istilah atau kata-kata yang belum dimengerti oleh para penggunaTwitter yang baru pertama kalinya memainkan Twitter. 

Sebenarnya istilah-istilah ini tidak terlalu banyak dan rumit. Hanya saja sering membingungkan. Apalagi jika Anda telah terbiasa dengan fitur-fitur dari Facebook atau jejaring sosial lainnya. Pastilah terbesit perkataan di otak Anda: "kok beda, kok gini, apa ini?".

Langsung saja beberapa istilah tersebut antara lain:

Trending Topic, adalah topik yang sedang banyak dibicarakan oleh para pemakai Twitter pada saat ini (real time). Trending topic dari pengguna Indonesia yang pernah ngetrend di Twitter adalah indonesiaunite (waktu peristiwa pengeboman dulu) serta mbahsurip (meninggalnya mbah surip). Dan bahkan, topic indonesiaunite pernah menjadi nomor satu di trending topic Twitter walau hanya selama beberapa menit


Followers, adalah user Twitter yang mengikuti kita. Atau yang menfollow Anda. Dalam artian, user tersebut telam menambahkan (add) Anda sebagai teman dan akan menerima updates status Twitter Anda.

Following, kebalikan dari point nomor dua, adalah user Twitter yang kita ikuti. Dan Anda akan menerima updates status dari dia.

Reply, adalah balasan yang ditujukan pada seseorang secara spesifik. Semisal Anda ingin menayakan atau menyapa saya secara khusus di Twitter. Jangan hanya sekedar (misal) "heh sherlomes, tadi malam kamu kemana huh?" Jika polanya seperti ini, maka saya tidak akan dapat membaca atau melihatnya. Namun polanya harus "Heh@sherlomes, tadi malam kamu kemana huh?" Selalu gunakan tanda "@" di depan "username" untuk replay atau bertanya atau menyapa namun ke user yang lebih spesifik. Maka tweets Anda akan masuk ke replay (mention) mereka.

Tweet, adalah sebutan untuk updates status Twitter. Misal, saya pagi ini ngeTweets bla bla bla..... atau "eh Tweet kamu yang kemaren jadi Trending topic loh" dan lain sebagainya.

RT atau ReTweet, adalah pengulangan tweet. RT biasanya digunakan apabila, tweet yang akan di RT dirasa penting, menarik atau pantas untuk di RT. Misalkan, saya membaca info gempa dari tweet BMG. Karena penting serta menarik, maka saya me RT nya agar followers saya dapat mengetahui info tersebut. Syukur-syukur mereka juga me RT nya kembali ke teman-teman Twitter nya yang lain.

Favorites, adalah Tweet yang disimpan karena disukai atau merasa Tweet tersebut penting.

Direct Message atau DM, semacam kayak email namun dengan ala Twitter. Pesan langsung secara personal ke tweeple yang bersangkutan.

Tweeple, sebutan untuk penguna Twitter. Sering juga disebut Tweeps.

Hash Tags (#), ditambahkan di depan topik tweets supaya pengguna twitter lainnya dapat mencari topik yang serupa. Misalkan, beberapa waktu yang lalu terdapat hash tag dari tweeple Indonesia yang cukup ramai, yakni tentang #pengakuan. Jika Anda ingin mengeTweets tentang pengakuan, tuliskan kata "pengakuan" dan ditambah dengan tanda "#" di depankata pengakuan tadi. Misalkan, "#pengakuan salah besar aku menolakmu". Dan jika ada tweeple yang search dengan keyword #pengakuan, tweets Anda akan ada di list search result.

Overhead (OH), adalah menuliskan tweet kepunyaan user lain tanpa ingin mencantumkan siapa pemiliknya. Polanya adalah, "OH" + "tweet".

Heardtrough (HT), adalah tweet yang dituliskan berdasarkan perihal yang terjadi sesungguhnya di dunia nyata. Polanya "HT" + "tweet".

Mungkin hanya ini yang saya ketahui dari beragam istilah Twiter yang daya temukan. Jika teman-teman da yang ingin menambah saya sangat berterima kasih sekali, semakin menambah wawasan tentang Twiter khususnya dan jejaring sosial lainnya umumnya. Semoga berguna dan salam.

sumber http://www.sherlomes.com/2009/11/kamus-twitter-istilah-istilah-yang.html

No comments:

Post a Comment