Apa Maksudnya Bisnis PPC di Internet?


PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, yang artinya bayar per klik.
Jika bagi para Advertiser (yang menyewa slot iklan), maka dia akan membayar sesuai jumlah pengunjung yang mengklik iklannya. Dan jika bagi para blogger dan admin sebuah situs, maka dia akan dibayar sesuai jumlah pengunjung yang mengklik iklan PPC yang terpasang pada blog atau situsnya.

Lalu siapa yang membayar dan dibayar?
Yang membayar adalah para advertiser atau pengiklan.
Yang dibayar adalah situs penyedia layanan iklan PPC dan juga para blogger yang blognya menjadi tempat pemasangan iklan.

Bisnis PPC dikelola oleh sebuah situs perantara antara para advertiser dengan para blogger atau admin sebuah situs. Ibaratnya, situs PPC sama dengan terminal angkutan darat. Setiap mobil yang masuk, harus membayar pada pengelola terminal. Sedang para penumpang membayar pada mobil yang ditumpanginya di terminal. Artinya pada situs PPC itulah para pengiklan mendaftar, agar iklannya disebarluaskan ke banyak blog dan situs. Lalu para blogger dan admin sebuah situs, menawarkan jasa pada situs PPC agar para pengiklan memasang iklan di blog atau situsnya.

Diantara banyaknya jenis bisnis internet,
Boleh dikatakan PPC adalah bisnis internet yang paling mudah dan paling cepat mendatangkan uang bagi para blogger. Karena tugas seorang blogger, hanya menayangkan iklan. Lalu setiap pengunjung mengklik iklan tersebut, maka dia akan dibayar oleh situs PPC. Dan situs PPC mendapatkan keuntungan dari selisih harga antara Advertiser membayar dengan komisi untuk para blogger. Sebagai contoh misalnya nilai sebuah klik ditentukan Rp.500 oleh situs PPC. Maka siapapun advertiser yang memesan iklan, akan dikenai biaya Rp. 500 untuk setiap klik. Sedangkan disisi lain, situs PPC hanya membayar para blogger dengan Rp.300 untuk setiap klik terhadap iklan advertiser. Maka situs PPC akan mendapatkan keuntungan senilai 500 - 300 = Rp. 200.

Hanya saja,
Untuk meraih banyak klik, maka seorang blogger harus berusaha agar banyak visitor berkunjung ke blognya, untuk kemudian mengklik iklannya dengan sukarela. Inilah tantangan bagi para blogger. Lain halnya dengan bisnis internet lainnya semisal PPA (Pay Per Action), dimana para blogger baru dibayar jika pengunjung melakukan transaksi melalui iklan yang terpasang pada blognya. Begitu juga dengan bisnis Paid Review, dimana para blogger baru dibayar setelah mereka menulis review sebuah produk atau perusahaan. Apalagi terhadap bisnis ebook, dimana seorang blogger hanya akan mendapatkan uang setelah pengunjung membeli ebooknya.

Itulah kelebihan bisnis PPC.
Seorang blogger tidak peduli apakah sebuah iklan yang diklik pengunjung akan berujung dengan transaksi atau tidak. Asal pengunjung sudah mengklik sebuah iklan, maka secara otomatis dia akan dihitung sebagai earning atau komisi untuk blog tersebut, sesuai dengan harga yang sudah ditentukan oleh pihak situs PPC.

Lalu apa contohnya situs PPC tersebut?
Baca selengkapnya DISINI.

No comments:

Post a Comment