Apa Kelebihan Wordpress.com untuk Membuat Blog?



Sebelumnya jika anda belum tahu apa itu wordpress.com anda bisa baca selengkapnya DISINI.

Sekarang yang menjadi persoalan adalah apa untungnya memilih dan menggunakan platform wordpress.com untuk membuat blog? Inilah jawabannya sejauh yang saya ketahui dan pahami:

Pertama: GRATIS!

Platform blog wordpress.com gratis bagi siapa saja yang menggunakannya. Mulai dari soal domain (subdomain) sampai dengan masalah hosting dan bendwithnya. Karena setiap kita membuat blog, selalu menggunakan domain dan subdomain. Anda harus memesan domain name untuk blog anda, yaitu untuk alamat (URL) blog anda (misalnya: blogernas.com, blogernas.wordpress.com). Begitu juga anda harus memiliki hosting sendiri yang berbayar ketika akan menyimpan file-file blog anda di internet (panel hosting). Tapi dengan menggunakan wordpress.com, anda tidak perlu lagi memikirkan semua itu. Karena sudah disediakan secara gratis oleh pihak wordpress. Berapa pun banyak konten blog anda, berapa pun banyak anda menulis, tetap gratis.

Berbeda halnya jika anda memiliki domain name dan hosting sendiri, anda harus membayar sewa domain dan hosting setiap tahun. Dan bila space hosting anda sudah penuh oleh data blog anda, maka anda harus menambah spacenya. Dengan kata lain, anda harus menambah bayarannya, sesuai besar space yang anda tambah. Jika tidak, maka blog anda tidak akan bisa dibuka lagi di internet, atau anda tidak bisa lagi menambah konten atau tulisannya.

Kedua: PRAKTIS!

Kenapa saya sebut praktis? Karena anda tidak perlu lagi mengurus pengelolaan file-file blog anda seperti yang terjadi pada jika anda memiliki hosting sendiri. Anda tidak perlu lagi menata letak file dan folder blog anda di direktorinya (seperti mengatur file dan folder data di windows eksplorer di komputer sendiri). Karena semua itu sudah diatur dan ditangani langsung oleh pihak wordpress sebagai penyedia layanan. Apalagi jika anda masih awam dengan pengelolaan panel hosting, yang fiturnya sangat banyak. Jadi dengan menggunakan wordpress.com, anda tinggal mengelola tampilan dan konten blog saja. Tinggal menulis berapa saja anda mau, sesuai denagn ide dan kreativitas anda. Tanpa harus dibayangi harus bergulat dengan bahasa pemrograman (script) yang bisa merontokkan syaraf bagi yang belum memahaminya. Karena di halaman dasbor (dapur)nya segala fitur sudah tersedia dengan gamblang. Anda tinggal klik, sorot, input dan save. Nah, tentu ini menjadi ajang latihan dan berprestasi yang sangat menguntungkan tanpa biaya.

Ketiga: Langsung terindeks di halaman pencari Google.

Agar sebuah blog bisa dikunjungi, maka sebuh blog harus terdaftar dulu di search engine (mesin pencari). Dan search engine yang paling potensial adalah Google. Jika tidak, maka kemungkinan blog anda akan dikunjungi secara kesasar oleh para peselancar di dunia maya tidak ada harapan. Lalu bagaimana agar sebuah blog terindeks di data base google? Ini tentu ada beberapa cara yang harus anda lakukan. Istilahnya adalah SEO (Search engine Optimation). Selengkapanya tentang SEO ini bisa anda baca DISINI.

Nah, jika anda masih bingung dengan yang satu ini, maka menggunakan wordpress.com adalah sesuatu yang memudahkan. Karena blog anda akan langsung terindeks di google. Tanpa anda urus. Karena hal itu sudah diurus langsung oleh pihak wordpress secara built in. Jadi begitu blog anda selesai dibuat dengan wordpress.com, tak lama kemudian (beberapa hari atau minggu), maka blog anda sudah terdata di google dan pengunjung sudah bisa kesasar ke blog anda.

Keempat: Halaman Dasbor yang Menarik dan Lengkap

Halaman dasbor yaitu halaman tempat anda bekerja dalam mengelola blog. Lebih kurang mirip dengan dapur. Nah, dihalaman dasbor inilah anda bisa mengelola mulai dari tampilan blog sampai dengan menulis konten. Di halaman tersebutlah anda mengatur bagaimana warna, model huruf, jenis huruf, gambar, music, video, tulisan dan sebagainya. Semua itu sudah ada fitur atau menunya di halaman dasbor. Anda tidak perlu dipusingkan lagi dengan script atau bahasa kode seperti jika anda menggunakan notepade untuk merancang sebuah blog. Segalanya langsung tampak. Jika ingin mengubah warna, warnannya tampak. Jika ingin menyisipkan gambar, gambarnya tampak. Tapi jika menggunakan software blog seperti notepad, anda tidak akan melihat tampilan apa-apa selain hanya kode-kode yang memusingkan kepala jika belum memahaminya. Dan masih banyak lagi fasifilitas lainnya di halaman dasbor wordpress yang disediakan. Dan yang pasti, tampilan dasbor wordpress boleh dikatakan tampilan dasbor yang paling cantik diantara platform blog gratisan lainnya, seperti dasbor blogger.com, google site, multiply dan seterusnya.

Kelima: Tidak perlu install softaware

Biasanya, apapun jenis aplikasi yang ingin anda gunakan di komputer, termasuk untuk membuat blog atau website, selalu anda harus menginstall softawarenya terlebih dahulu. Untuk platform web/blog, misalnya dengan menginstall program notepade, dreamweaver, joomla, mambo, drupal, dan seterusnya. Setelah terinstall di komputer, maka agar blog itu bisa tayang di internet, anda harus mengupload dulu semua filenya ke hosting anda.

Tapi dengan wordpress, telah tersedia 2 pilihan. Ada yang harus diinstall dulu dan ada yang sudah instan siap pakai. Nah wordpress.com adalah platform blog yang tidak perlu anda install lagi. Anda tinggal mendaftar lalu setelah itu anda bisa langsung menggunakannya. Jadi anda tidak dipusingkan lagi dengan segala tetak bengek pengisntallan dan penguploadan.



Nah, lebih kurang itulah beberapa kelebihan mendasar jika anda memilih dan menggunakan wordpress.com untuk membuat blog secara gratis.

Oya, apakah tidak ada kekurangannya?
Tentu juga ada. Selengkapnya bisa anda baca DISINI.

No comments:

Post a Comment