Pengenalan HTML


HTML ( Hypert Text Mark-up Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan halaman website. HTML juga merupakan bahasa pemrograman web dasar yang bersifat statis. Dikatakan statis, dikarenakan dalam pembuatannya kita masih perlu menginputkannya dalam skrip program dan berkala untuk update datanya. Yangmana hasil dari pembuatan halaman website nanti hanya sebatas pemberian sebuah informasi saja.
Media yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah halaman website atau untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML ini boleh dikata cukup simple. Kita hanya membutuhkan beberapa perangkat sebagai berikut :
1.      Komputer, dengan spesifikasi minimal :
a.      Pentium IV
b.      RAM 256 MB
c.       Harddisk 40 GB
2.      Notepad
Untuk Notepad kita gunakan sebagai media editor. Yang mana fungsi dari media editor ini adalah untuk membuat skrip program dalam pembuatan halaman website. Namun sekarang ini ada sebuah media editor yang cukup membantu dan praktis, yaitu salah satunya Notepad ++.  Untuk mendapatkan media editor tersebut anda cukup searching di mbah Google aja, atau ketik alamat URL berikut : http://www.softpedia.com/get/Office-tools/Text-editors/Notepad-plus-plus.shtml.
 Alasan kenapa kita tidak menggunakan Dreamweaver, Joomla, atau sejenisnya ? Karena alasan terpenting disini adalah kita ingin belajar bahasa pemrogramannya, bukan bagaimana menggunakan aplikasi tersebut, untuk itu kita perlu paham dan cermati betul langkah – langkahnya, struktur dasar dari bahasa pemrogramannya, ekstensi penyimpanan, sampai dengan eksekusi untuk menjalankan atau menampilkan program tersebut.

Struktur Dasar HTML

Berikut ini adalah struktur dasar dari HTML, beserta dengan penjelasan singkatnya :
<html> è Tag pembuka / awal untuk bahasa pemrograman HTML
<head> è Tag pembuka header untuk dokument HTML
<title></title> è Judul halaman dokumen HTML
</head> è Tag penutup header
<body> è Tag pembuka body / isi dokument HTML
----à isi untuk tampilan pada browser ß-----
</body> è Tag penutup body / isi dokument HTML
</html> è Tag penutup HTML
Untuk lebih memahami dan mengerti maksut dari bagian atau elemen struktur HTML diatas, mari kita lihat contoh dibawah ini :
<html>
<head>
<title> Pembuatan Dokument HTML </title>
</head>
<body>
Ini adalah isi dari dokument HTML yang kita buat dan akan tampil pada layar browser.
</body>
</html>

Sampai disini sudahkah Anda memahami dan mengerti tentang struktur dasar dari HTML dan pembuatan dokumen HTML yang sederhana diatas ? Kalau belum kita akan coba ulang kembali contoh diatas, namun jika Anda telah memahaminya maka tahap berikutnya adalah metode penyimpanannya. 

Setelah kita menuliskan skrip diatas dalam sebuah Notepad, tentunya kita akan melakukan penyimpanan terlebih dahulu sebelum dieksekusi. Adapun langkahnya sebagai berikut :

1.      Pilih Menu File à Save As atau dengan tombol CTRL + S
2.      Tentukan dimana letak penyimpanan untuk menyimpan file tersebut, kemudian tuliskan nama filenya
3.      Setelah menentukan letak penyimpanan dan nama filenya, silahkan anda tambahkan      ekstensi . htm atau .html pada bagian akhir nama file Anda.
Bagaimana untuk menjalankan skrip program HTML yang barusan kita buat tadi ? berikut ini adalah langkah – langkahnya :
1.      Silahkan anda cari dimana letak Anda menyimpan file notepad tadi
2.      Double klik file tersebut
atau
1.      Buka Browser
2.      Pilih Menu Open atau gunakan tombol CTRL + O, kemudian Anda cari file yang disimpan tadi lalu Open

No comments:

Post a Comment