Apa itu Linux?


Linux merupakan kernel (inti) sistem operasi yang buat oleh Linux Torvalds dan didistribusikan dibawah lisensi GPL (General Public Lisensi) yang memperbolehkan kita untuk menyalin, mengedit dan mendistribusikan kembali tanpa dikenakan biaya dan tanpa melanggar hukum.
Apa itu Distro Linux?
Distro (distribusi) Linux merupakan Kernel Linux dan kumpulan aplikasi-aplikasi linux yang dipaketkan oleh perusahaan, organisasi atau personal yang tertarik dengan Linux dan berusaha untuk memaketkanya menjadi sistem operasi yang siap digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Di Linux apa juga ada aplikasi office?
Di Linux anda bisa menggunakan Open Office untuk aplikasi perkantoran semisal OpenOffice Writer untuk membuat atau mengedit file teks, OpenOffice Spreadsheet untuk membuat atau mengedit dokumen Excel, OpenOffice Presentation untuk membuat presentasi dan OpenOffice Database untuk pengolahan database.
Apa dengan menggunakan Linux saya masih bisa memutar file multimedia?
Dengan menggunakan Linux anda tetap akan bisa meutar fle-file multimedia anda, seperti untuk memutar file .mp3 di Linux anda dapat menggunakan XMMS,Beep Media Player atau Amarok dan untuk memutar file video anda dapat menggunakan Xine,Mpalyer,Totem Player untuk memutar file video anda.
Apa di Linux juga ada aplikasi untuk editor gambar?
Untuk editing file gambar di Linux ada aplikasi Gimp sebagai pengganti aplikasi Adobe Photoshop di Windows untuk mengedit gambar.
Apa Linux juga bisa terkena virus?
Dengan menggunakan Linux anda tidak perlu kuatir dengan permasalahan virus komputer, karena virus dari komputer Windows tidak akan berpengaruh di sistem Linux.
Apa di Linux juga ada Antivirus?
Seperti halnya di Windows, di linux juga tersedia aplikasi antivirus untuk melindungi komputer anda dari virus beberapa diantaranya adalah ClamAV,Avast,F-Prot dan lain-lain.
Dimana saya dapat menyimpan dokumen?
Di Linux anda dapat menyimpan dokumen-dokumen di bawah direktori /home/nama_user, misalkan /home/ugos.
Dimana saya dapat menemukan dokumen di partisi Windows saya?
Pada kebanyakan distribusi Linux dokumen di partisi Windows anda akan diletakan dibawah direktori /media/hdx, misalkan /media/hda1 untuk partisi primary pertama di hardisk anda atau /media/cdrom untuk cdrom anda.
Apakah di Linux juga ada aplikasi games?
Seperti halnya di windows di linux juga tersedia banyak games-games menarik, bahkan dengan menggunakan aplikasi emulator anda dapat menjalankan games windows di linux

No comments:

Post a Comment