LINK



Dokumen HTML dilengkapi dengan kemampuan untuk berpindah – pindah dari halaman yang satu ke halaman yang lain ( link ). Link dalam sebuah dokumen HTML ditandai dengan menggarisbawahi teks yang akan di link atau pointer pada mouse akan berubah menjadi bentuk jari pada saat menunjuk objek yang dijadikan sebuah link.
Hyperlink dalam sebuah dokumen HTML menggunakan tag anchor <a>...teks link...</a>. Untuk penerapannya sebagai berikut :
<a href=”nama dokumen yang dilink” [attribute]> ...teks / gambar... </a>
Dalam dokumen HTML, secara garis besar LINK dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. Link absolut
  2. Link relatif
  3. Link Self

1.     Link Absolut
Adalah link yang digunakan untuk mengaitkan halaman web yang satu dengan yang lainnya di dalam situs internet. Untuk melakukan atau mempraktikkannya usahakan dalam jaringan internet yang terkoneksi, sehingga dapat jumping ke halaman website / situs internet yang ditujukan.


2.     Link Relatif
Link yang digunakan untuk mengaitkan halaman web yang satu dengan halaman web lainnya di dalam satu komputer tanpa harus menuliskannya secara lengkap alamat situs internetnya. 


3.     Link Self
Link yang digunakan untuk mengaitkan bagian yang satu dengan bagian yang lainnya didalam satu halaman web. Contohnya :
<a name=bab1>....isi teks/paragraf/obyek...</a>
Perlu diperhatikan bahwa skrip program yang ada diatas ini wajib dibuat pada bagian dimana kita akan melemparkan alamat linknya pada satu halaman website. Misal :
<a name=atas> Ini kisah </a>dari seorang pejantan tambun...dimana kisahnya bermula dari cinta – cinta yang tandus dan layu. Dimana jejak – jejak kakinya penuh dengar kerikil dan duri – duri yang menyakiti. Namun si tambun tak kenal lelah untuk tetap berjuang mengarungi hidup bak Adam turun ke dunia. Hingga akhirnya menemukan pujaan hatinya, yang terakhir dimata baik jiwa maupun raga. Sungguh – sungguh malang nasibnya selalu dilanda. Jatuh bangun tak kenal derita demi cintanya....dst......
Maka pada bagian paling bawah karena panjang, diberikan link seperti dibawah ini :
 <a href=#atas>Kembali ke Atas</a>

No comments:

Post a Comment