Hacker Rusia Bobol Situs Telegraph

Hacker Rusia Bobol Situs Telegraph


 
Screen shot situs Telegraph yang dibobol (Foto: TG Daily)
LONDON - Aksi pembobolan situs media ternama internasional kembali terjadi. Kali ini sekelompok hacker asal Rumania sukses mengubah tampilan media online yang cukup besar di Inggris.

Hacker asal Eropa Timur yang menamai dirinya Romanian Gypsies tersebut sukses masuk ke sistem keamanan situs online Telegraph. Bahkan, mereka sukses mengubah tampilan depan laman dengan wajah ikon dari politikus asal Amerika Serikat, Sarah Palin, dan juga gambar foto bendera Rumania.

"Mereka kembali menemukan lubang yang pernah ditemukan pada Maret 2009. Dan tanpa ragu-ragu mereka men-deface dua subdomain sekaligus, yaitu 'shortbreaks(dot)telegraph.co.uk dan wine-and-dine(dot)telegraph.co.uk/site/index.php'," tulis di blog Sunbelt Blog, yang dikutip TG Daily, Jumat (16/4/2010).

"Nampaknya perusahaan sebesar Telegraph tidak belajar dari pengalaman masa lalu. Buktinya, mereka membiarkan lubang tersebut hingga bisa dieksploitasi oleh hacker," tambahnya.

Blog itu menyebutkan, hacker tersebut menuliskan kalau bobolnya situs Telegraph ini terjadi karena kerentanan SQLi. Apalagi sudah berungkali didengungkan tidak bisa mengabaikan fakta bahwa bahkan sampai saat ini, password dalam tampilan biasa adalah salah. Kenyataan bahwa semua ahli keamanan TI merekomendasikan bahwa password harus memiliki minimal encription, harusnya dipatuhi.

Cukup lama pengerusakan itu terjadi, walaupun saat ini situs koran pesaing Guardian tersebut sudah bisa diakses kembali dalam keadaan normal oleh para pengunjung yang tidak hanya dari luar Inggris saja.
(tyo)

No comments:

Post a Comment