Mari Mengenal Computer

Mari Mengenal Computer

pengenalan komputer ini untuk kamu-kamu yang baru banget belajar komputer. kalau kamu baru mulai belajar komputer, segera mulai dengan membaca Pengenalan Dunia Komputer ini. Semoga bermanfaat. Amin......amin....amin....



Tulisan Pengenalan komputer akan kita mulai dengan membahas fungsi-fungsi komputer dan aplikasiyang sering digunakan saat ini. Setelah kita akan membahas tentang bagian-bagian komputer yang utama serta penjelasan mengenai alat-alat lain yang biasa dihubungkan dengan komputer untuk membantu tugas manusia sehari-hari.

Nah, setelah itu tulisan pengenalan komputer akan kita akhiri dengan pembahasan komputer dasar. Asik kan? (jelas asik donk....)

kalau teman-teman sudah cukup familiar dengan benda yang namanya komputer dan mungkin sebagian bahkan sudah membongkar komputer atau faham dengan componen-komponen yang ada di dalamnya. Tapi bagi yang belum begitu faham ne ada beberapa macam perangkat komputer yaitu:
A. Monitor/display
B. CPU
C. mouse
D. keyboard
E. printer. dan
F. speaker

A. Monitor / display adalah merupakan salah satu jenis device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara fisik, monitor seperti bentuk TV dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah keadaan benar pa tidaknya. dengan demikian monitor sangat berarti bagi perangkat komputer. ya gak????? klu ya ya klau gak-gak, jangan ya yang gak-gak oke....... hehehehehehe





B. CPU (contoh gambar CPU Compaq)

Cpu adalah otak dari sitem komputer. Pekerjaan utama dari CPU adalah mengerjakan program yang terdiri atas instruksi-instruksi yang di programkan oleh programer. Suatu program komputer akan mengistruksikan CPU untuk membaca informasi dari piranti input, dan menulis informasi ke memori,dan untuk menulis informasi ke output. Cpu ini termasuk perangkat keras dan perangkat yang gak bisa di tinggalkan.karena sangat pentingnya Cpu ini. Di dalam CPU ada beberapa komponen-komponen lagi yang berfungsi untuk mengoperasikan/ untuk menghidupkan sebuah CPU, nah di bawah ini adalah isi-isi yang ada dalam komputer yaitu:

a. Prosesor
b. motherboard
c. memori
d. Vga card
e. Hardisk
f. DVD/CD room
g.Disk floppy
h.trus casing + powernya dan lain-lain sebagainya

Na ni tadi semua termasuk bagian-bagian terpenting di dalam CPU, tapi yang paling terpenting dan termahal adalah yang A dan B trus di tambah yang namanya hardisk. dah kan????? trus kita sambung dengan apa prosesor itu????????

*a. Prosesor.
- prosesor adalah salah satu dari sekian banyak komponen terpenting dari komputer. Semakin tinggi spesifikasi prosesor, semakin hebat kemampuannya untuk melakukan berbagai pekerjaan berat (merender film, memainkan game 3D, Pengeditan dah pokoknya makin gedek prosesornya makin cepat kerjanya).


*b. motherboard

- Motherboard adalah salah satu komponen dari Rangkaian Komputer, Komponen tersebut dinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari CPU.

Jadi motherboard dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk atau papan utama.


*c. memori
Memori adalah pusat kegiatan pada sebuah komputer, karena setiap proses yang akan dijalankan harus memlalui memori terlebih dahulu. CPU mengambil instruksi dari memori sesuai dengan yang ada pada program counter. Tugas sistem operasi adalah mengatur peletakan banyak proses pada suatu memori.

Dari urutan paling atas adalah memory pendahulu dengan bentuk seperti chipset (IC) dengan kapasitas yang masih sangat rendah, dipakai pada komputer-komputer jaman dulu (jadul) yang bentuk komputernya masih segede gaban. Kemudian berlanjut ke generasi berikutnya yaitu memory EDO RAM, sudah dipakai pada komputer-komputer generasi berikutnya dari intel 8080, intel 426 hingga intel pentium generasi pertama, maksimal kapasitas untuk memory jenis ini waktu itu sekitar 32MB perbuah/keping. Kemudian generasi memory selanjutnya adala SDRAM, dengan arsitek dan teknologi yang lebih maju, jenis memory ini dipakai dari jaman intel pentium pertama hingga intel pentium ke empat, dengan kapasitas dan kecepatan data lebih besar dari memory sebelumnya, kapasitas maksimal yang saya tahu sekitar 512MB perkeping dengan kecepatan maksimal 200MHz. Dan yang paling terakhir sampai saat ini adalah DDR SDRAM, dengan kapasitas dan kecepatan yang lebih baik dari SDRAM. DDR SDRAM sendiri memiliki kecepatan yang berbeda-beda, ini ditandai dengan angka yang tertera pada memory tersebut, untuk PC2100 merupakan kecepatan terendah (sekitar 266MHz) dan PC 3200 merupakan kecepatan tertinggi untuk DDR SDRAM (sekitar 400MHz). Kemudian DDR SDRAM ini mengalami perkembangan dalam hal kecepatan dengan lahirnya varian berikutnya yaitu DDR II. Dari segi arsitek/bentuk hampir sama saja, yang membedakan adalah kecepatannya yaitu dari PC 4300 hingga PC 6400

d. VGA card
VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah salah satu komponen komputer yg mutlak harus ada. Fungsinya mengolah data graphis unt ditampilkan di layar monitor. Sebetulnya VGA card merupakan satu unit "komputer mini" karena komponen ini memiliki sebuah prosesor (disebut GPU alias Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

Disebut VGA card krn komponen ini memang berbentuk seperti kartu yg ditancap"kan pada motherboard melalui satu slot yg khusus unit vga tadi itu. tapi biasanya vga jg ada yang onbot, biasanya vga on bot dah ada di motherboard sekalian.klu gak ada baru di kasih yang namanya vga card.gitcu....................


e. Hardisk
Hardisk adalah salah satu hardware yang fungsinya untuk penyimpanan data komputer.
di samping ini adalah gambar hardisk, Harddisk merupakan media penyimpanan yang memiliki bentuk pisik yang berbeda jika dibanding dengan disket. Secara umum hard disk biasanya terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk). Mekanisme yang menyebabkan data yang tersimpan bisa dibaca ataupun ditulis didalam hard disk, disebut sebagai disk drive...

*f. DVD / CD room
Piranti pemutar CD (CD drive) antara lain terdiri dari CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM dan DVD-RW. DVD / CD room adalah salah satu hardware yang berfungsi untuk menginstal Sofware atau OS (Operating Sistem) dan juga sebagai pemutar kaset film atau file-file lain.

*g. floppy disk


Floppy Disk Drive (GZ-FDD-003)
floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

Floppy Disk Drive (GZ-FDD-004)

No comments:

Post a Comment