Spam Piala Dunia Marak Kembali


Susetyo Dwi Prihadi - Okezone


 
Ilustrasi
LONDON - Setelah sempat menghilang keberadaannya, spam yang menggunakan subjek FIFA World Cup 2010 marak kembali. Ini tidak terlepas dari semakin dekatnya pesta akbar sepak bola dunia tersebut.

Peringatan ini dikeluarkan oleh perusahaan keamanan Trend Micro yang mengingatkan mengenai spam-spam yang menjebak yang memancing korbannya melalui euforia Piala Dunia yang digelar di Afrika Selatan bulan depan. Mereka menyebutkan kebanyakan dari spam tersebut berisi email mengenai lotre.

Di email yang disisipi dengan file PDF tersebut, spammers mengirimkan informasi kalau calon korban memenangkan sebuah hadiah dari undian. Dalam email tersebut menyebutkan agar calon karbon mau memberikan identitas nomor kontak sebelum mengklaim hadiahnya.

"Yang menarik adalah pengirim email melibatkan Michelle Matins, Executive Vice President FIFA yang juga dipalsukan tanda tangannya," tulis Jovi Umawing dari Trend Micro, seperti dikutip Vnunet, Senin (10/5/2010).

"Beberapa sampel diambil mereka juga mengirimkan spam atas nama Wakil Presiden FIFA bernama Geoff Thompson," sebutnya

Menurut Umawing, tipuan pertama Piala Dunia ini marak terjadi kembali setelah sempat booming pula pada tahun 2009, yang juga menjebak korbannya dengan iming-iming memenangkan undian online.

"Pengguna harus waspada lebih dari jenis atau varian serangan-serangan ini. Apalagi event olahraga tersebut semakin dekat," tulisnya.

No comments:

Post a Comment